Kontak
Kontak2
Statistik
  • 0
  • 162
  • 178,892
  • 1,063,221
Lokasi kami

Saga rambat, saga telik atau saga areuy (Abrus precatorius) merupakan tumbuhan obat anti sariawan yang terpopuler. Tumbuhan merambat ini, yang berbiji jingga kemerahan juga biasa disebut sebagi saga sehingga kadang-kadang racun dengan saga pohon (Adenanthera pavonia) . daun tumbuhan ini, bila dkombinasikan dengan daun sirih, menjadi obat tradisional yang ampuh mngatasi sariawan.  Daunnya mengandung glycyrrhizin. Biiji tumbuhan ini berwarna merag dengan warna hitam dengan bagian runcing. Bijinya beracun dan mirip dengan racun pohon jarak (ricin). Namun demikian di tiongkok biiji ini kadang-kadang dijaduikan perhiasaan sebagai lambing kasih sayang. Terdapat laporan mengenai kematian akibat proses pengolahan biji ini sabagai perhiasan. Sudah tercatat  banyak kasus keracunan biji saga. Akibat yang timbul dimulai dari mual, muntah, diare, iritasi, dermatitis, susah bernafas, pingsan, hingga kematian. Karena itu dianjurkan agar berhati-hati memanfaatkan tanaman ini terutama bagian bijinya. Saga rambat termasuk jenis tumbuhan perdu dengan pokok batang berukuran kecil dan merambat pada inang membelit-belit kearah kiri, daunnya majemuk, berbentuk bulat telur, serta berukuran kecil-kecil. Daun saga menyerupai  daun tamarindus indica dengan bersirip ganjil dan memiliki rasa agak manis (biasa disebut saga manis). Saga mempunyai buah polong berisi biji-biji yang berwarna merah dengan titik hitam yang mengkilat dan licin. Biji saga mengandung zat racun yang disebut abrin, sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk pembibitan. Sedang bunganya bewarna ungu muda dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, dalam dukungan tandan bunga. Tumbuhan ini banyak tumbuh secara liar dihutan-hutan, ladang-ladang atau sengaja dipelihara dipekarangan. Saga dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1000 m diatas permukaan laut.

Tanaman saga rambat mempunyai beberapa bahan aktif  Abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya.Daunnya juga mengandung  glycyrrhizin. Komposisi daun maupun akar tumbuhan Abrus pracatorius antara lain mengandung protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, poligalacturomic acid dan pentosan.

Kasiat tanaman saga antara lain

  1. Mengobati amandel.
  2. Mengobati radang mata.
  3. Mengobati sariawan.
  4. Sebagai penyehat rambut.
  5. Mengobati radang tenggorokan.
  6. Mengobati jantung.
  7. Mengobati hipertensi.
  8. Mengobati panas dalam.
  9. Mengobati batuk kering.
  10. Mengobati bronkritis.

Kami menjual daun saga kering, serbuk dan ekstrak dengan harga yang murah dan berkualitas silahkan hubungi kontak kami di no 082225999977